Kamis, 17 Februari 2011

9 kunci untuk meraih kesuksesan

Siapapun dimuka bumi ini akan berusaha untuk menghindari kegagalan dan siapapun dimuka bumi ini akan berusaha untuk menjadi pribadi yang sukses sehingga dia menjadi yang terbaik.
Namun di dalam perjalanannya, hambatan dan rintangan datang silih berganti sehingga gerak langkah untuk mencapai kesuksesan menjadi terhambat. Oleh kerena itu, Kita memerlukan strategi yang benar-benar dapat membantu untuk masuk ke dalam pintu gerbang kesuksesan.

9 kunci untuk meraih kesuksesan

1. Kenali Kekuatan dan kelemahan pribadi
Untuk memenangkan sebuah pertempuran, diwajibkan kita memahami dan mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahan kita. Dengan memahami kekuatan dan kelemahan, kita akan berusaha untuk bersikap dan bertindak lebih hati-hati. Menurut Sun Tzu,” tidak ada yang bisa memberitahukan kepada diri kita, siapa siapa diri kita sesungguhnya, kecuali diri kita sendiri”.
2. Integritas Moral
Dalam bahasa inggris integrity mengandung arti kejujuran, ketangguhan. Integritas mengandung arti bertindak lebih konsisten sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku. Dengan memiliki kejujuran dan ketangguhan, kita akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai rintangan serta akan mendapatkan kedudukan yang spesial bagi siapapun yang akan bekerja sama dengan kita.

3. Jadilah Pendengar yang baik.
Proses internalisasi pengetahuan akan sangat efektif ketika kita menjadi pendengar yang baik. Segala informasi yang datang dari mulut orang yang sedang berbicara lebih mudah merembas ke dalam diri sehingga akan menjadi sesuatu yang akan memperkaya wawasan dan potensi kita sebagai manusia yang unggul.
4. Bersikap Baik Dengan Pertimbangan/Perhitungan Yang Matang.
Menurut Sun Tzu memperlakukan orang lain dengan baik adalah landasan bagi kita untuk meraih sukses. Tetapi bersikap baik pun tentu harus di dasarkan pertimbangan yang matang yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab.
5. Berani Untuk Mencoba Hal Yang Baru.
Berani bertindak adalah awal menuju pintu gerbang kesuksesan, apalagi kita berusaha bertindak untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Hal ini berkaitan dengan berbagai hal, baik di dunia kerja ataupun di dunia bisnis lainnya. Apabila kita tidak berani untuk mencoba, siap-siaplah untuk menjadi orang yang gagal dan menjadi pecundang sejati.
6. Disiplin dan tepat waktu.

Disiplin dan tepat waktu ibarat saudara kembar yang sudah saling memahami di antara ke duanya. Bertindak disiplin berarti bertindak sesuai dengan jalur dan aturan yang baik sehingga kerja lebih sistemik berdasarkan aturan yang telah dibuat. Tepat waktu berarti bersikap dan bertindak dengan aturan waktu yang telah dibuat sehingga kerja lebih sesui dengan program yang telah dibuat.

7. Bersikap Kreatif dan Penuh Semangat.

Dalam dunia kerja, tuntutan untuk kreatif dan bekerja lebih semangat sangat dianjurkan. Tanpa kreativitas yang maksimal, produktivitas akan melemah. Dengan lemahnya produktivitas akan mengakibatkan hancurnya sebuh usaha.

8. Upayakan Pencapaian Standard Yang Lebih Tinggi.
Menurut Sun Tzu, ” Sukses bukanlah melakukan apa yang perlu dilakukan, tetapi Sukses adalah “melampaui” apa yang perlu dilakukan”.
Standard yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Ciptakanlah standar yang tinggi untuk menghasilkan sesuatu yang tinggi pula.
Standard bisa berkaitan dengan sebuah pencapaian dalam sebuah usaha. Standard pencapaian yang tinggi akan meningkatkan kerja yang lebih tinggi. oleh karena itu buat standard yang lebih tinggi terus menerus, misalnya sudah tercapai target “X”, buat target “X” yang lebih tinggi lagi, sehingga akan terus memicu kerja yang lebih tinggi.
9. Minta Pendapat dan Nasihat dari orang yang kita percaya.
Kenyataannya, kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Keberadaan diri kita dipengaruhi oleh keberadaan diri orang lain. Kita tidak bisa menunjukan eksistensi kita sebagai manusia tanpa adanya keterlibatan orang lain yang menilai diri kita sebagai manusia
Untuk mencapai keberhasilan, ide dan gagasan sangat diperlukan. Untuk menambah dan meningkatkan ide, kita perlu bertanya dan minta pendapat dari orang lain. Diskusi salah satu cara untuk mencari gagasa terbaik untuk memeulai sebuah aksi.
Sembilan Kunci meraih kesuksesan ini akan membawa diri kita menjadi pribadi yang siap untuk bertindak lebih positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar